Ada kesalahan di dalam gadget ini
Situs ini diterbitkan dengan tujuan mengkomunikasikan keberadaan Jurusan Antropologi FISIP Universitas Andalas, sekaligus memberikan informasi-informasi terbaru (up to date) kepada para mahasiswa dan alumni. Situs ini menerima sumbangan informasi mengenai lowongan kerja bagi para lulusan Antropologi dari para alumni yang telah bekerja di berbagai instansi/lembaga dan berupa kritik/saran demi perbaikan situs ini. Semua informasi diharapkan dapat ditulis di ruang diskusi dan atau diemailkan di Jurnal_laborantrop@yahoo.co.id.

Jumat, 18 Januari 2008

Info Beasiswa S2 dan S3 Luar Negeri dari DIKTI

Bagi dosen Universitas Andalas terutama Dosen Jurusan Antropologi, Sosiologi, ILmu Politik, Administrasi Negara dan Hubungan Internasional FISIPOL Unand yang berminat melanjutkan studi master dan Doktor ke luar negeri untuk tahun 2008, silahkan membaca informasi beasiswa berikut di bawah ini. Selain diperuntukkan untuk dosen, beasiswa ini diperuntukkan juga bagi kalangan profesional yang selama ini menjadi dosen honor di berbagai perguruan tinggi.
Berikut ini surat pemberitahuan mengenai Beasiswa dari DIKTI:

Nomor: 4097/D/T./2007; 14 Desember 2007
Kepada Yth
Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri /Koordinator Perguruan Tinggi Swasta/ Direktur Politeknik Seluruh Indonesia

Merujuk surat kami Nomor : 707/D/T/2007, tanggal 26 Maret 2007, dan Nomor : 1357/D4.4/2007, tanggal 13 Juni 2007 tentang beasiswa untuk studi ke luar negeri, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :
1. Pendaftaran untuk memperoleh beasiswa studi ke luar negeri masih dibuka untuk jenjang S2 dan S3. Pendaftar harus sudah diterima di sebuah perguruan tinggi yang terakreditasi di luar negeri. Peminat mengajukan permohonan atau dikirim oleh perguruan tinggi tempat bekerja dengan dilampiri :
a. Isian Form A Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ;
b. Letter of Acceptance dari perguruan tinggi yang terakreditasi;
c. Foto copy ijazah S1 bagi pelamar jenjang S2 dan ijazah S1 dan S2 bagi pelamar jenjang S3.
d. Bukti kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS), Jerman, Perancis, Jepang atau bahasa lain, sesuai dengan negara tempat perguruan tinggi yang dituju (tidak lebih dari 2 tahun terakhir);
e. Khusus untuk pelamar jenjang S3, melampirkan rencana riset.
2. Pendaftar berasal dari dosen Perguruan Tinggi Negeri, dosen DPK, dosen tetap Perguruan Tinggi Swasta dan juga di luar ketiga kategori tersebut tetapi bersedia menjadi dosen di perguruan tinggi tertentu minimal untuk waktu (2n + 1), yang ditunjukkan dengan surat perjanjian antara yang bersangkutan dengan perguruan tinggi tertentu. Mereka ini selanjutnya disebut Calon Tenaga Akademis Baru (CTAB).
3. Mereka yang saat ini sedang studi di luar negeri atas biaya sendiri dan memenuhi syarat pada butir Nomor 2 atau yang sedang studi di luar negeri atas biaya dari Departemen Pendidikan Nasional dan beasiswa sudah habis sementara studinya belum selesai dapat melamar beasiswa ini, dengan melampirkan laporan perkembangan studi yang diketahui oleh supervisor/pembimbing
4. Mengingat banyak dosen yang memiliki potensi akademik sangat bagus, tetapi kemampuan berbahasa Inggris belum baik dan kesulitan mendapatkan perguruan tinggi tujuan studi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi akan melaksanakan Tes Potensi Akademik (TPA) dan bahasa Inggris untuk dosen PTN, DPK, dosen PTS dan CTAB. Mereka yang lulus TPA tetapi kemampuan berbahasa Inggrisnya masih kurang, akan diberikan kursus intensif Bahasa Inggris, sehingga dapat diterima di perguruan tinggi terakreditasi di luar negeri. Alokasi untuk pola ini tergantung sisa beasiswa setelah dikurangi mereka yang sudah diterima di perguruan tinggi di luar negeri, sebagaimana disebutkan pada butir 1. Dimohon Rektor/Ketua/Direktur menyiapkan calon yang akan mengikuti TPA dan tes Bahasa Inggris, yang direncanakan pada bulan Januari 2008. Jadwal dan tempat tes akan kami informasikan lebih lanjut.
5. Bagi dosen yang saat ini sedang menempuh jenjang S3 di Program Pascasarjana dalam negeri, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merencanakan untuk memberi kesempatan kepada mereka untuk mengikuti program sandwich di perguruan tinggi luar negeri, dengan kegiatan antara lain: a. Mengikuti kuliah untuk matakuliah yang relevan dengan riset disertasinya;b. Melakukan library research atau laboratory research untuk disertasinya;c. Kegiatan lain yang mendukung penyelesaian studi dengan lebih cepat dan bermutu baik. Untuk itu diperlukan kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa yang digunakan di perguruan tinggi yang dituju. Jumlah alokasi dan persyaratan untuk program ini sedang dipersiapkan. Dimohon Rektor/Ketua/Direktur menyiapkan mahasiswa program S3 untuk mengikuti program tersebut. Informasi secara rinci akan kami sampaikan lebih lanjut.
6. Pendaftar beasiswa studi di luar negeri sebagaimana dijelaskan pada butir 1 s.d. 4 dapat kami terima paling lambat tanggal 30 Maret 2007, dikirim ke alamat :Direktur Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Gedung D Lt. 5 Jalan Jenderal Sudirman Jalan Pintu I - Senayan, JakartaTelp./Faks : ( 021 ) 57946092
Demikian atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Direktur Jenderal,
ttd
Fasli Jalal
NIP 131124234
Untuk informasi lebih lanjut bisa mengklik di www.ditnaga-dikti.org untuk mendownload form isian A dan info lainnya.

Tidak ada komentar:

Gratis Download Software

Ada kesalahan di dalam gadget ini